Rabu, 29 April 2015

Mitos Soal Kesulitan Dapat Jodoh



Banyaknya mitos yang berkembang di masyarakat mengenai sulit jodoh, semakin mendukung perilaku sesat seperti mendatangi dukun dan melakukan ritual-ritual tertentu sebagai syarat agar jodohnya diperlancar


Kita semua paham bahwa jodoh adalah urusan Allah Swt. Apalagi, ada sebuah ayat yang tertulis dalam Alquran, dan kami menciptakanmu berpasang-pasangan (QS AN Naba:8). Dan kita semua juga tahu, garis kehidupan (rezeki, jodoh dan ajal) telah digoreskan sejak manusia masih berada dalam kandungan ibunya seiring dengan ditiupkannya ruh.

Namun, kita tak pernah tahu kapan dan bagaimana jodoh akan datang. Sehingga, tak jarang kita temui orang yang katanya sulit mendapatkan jodoh. Bahkan, mereka ini memilih jalan kemusyrikan ketimbang mencari solusi yang lebih rasional.

Ditambah lagi, banyaknya mitos yang berkembang di masyarakat mengenai sulit jodoh, semakin mendukung perilaku sesat seperti mendatangi dukun dan melakukan ritual-ritual tertentu sebagai syarat agar jodohnya diperlancar.

Orang-orang tua zaman dahulu percaya, jika seorang wanita yang sulit jodoh bisa jadi karena terhalang oleh keinginan ibunya yang tak kesampaian saat mengandung dulu. Salahsatu daerah di Sumatera Utara yang mengadopsi mitos ini yaitu Simalungun.

Menurut penduduk di sana, seorang wanita yang hampir mencapai usia kepala tiga namun masih belum menikah, boleh jadi karena disebabkan hal tersebut. Harus dilakukan suatu ritual agar dia segera bertemu jodohnya.

Salah satu syaratnya dia harus datang berkunjung ke rumah saudara perempuan ayahnya dan makan satu piring dengannya. Dengan begitu, menurut mereka, pintu jodoh akan segera terbuka.

Tak jarang kejadian ini berbuah manis. Setelah ritual dilakukan, jodoh pun datang. Fenomena ini membuat masyarakat menjadi semakin memercayai mitos tersebut.

Dicintai Makhluk Gaib

Susahnya jodoh mendekat juga konon katanya bisa karena dicintai makhluk halus loh. Orang yang diikuti dan dicintai makhluk halus seperti jin akan selalu gagal menjalin hubungan serius dengan lawan jenisnya. Hal ini ditengarai menjadi penghalang bagi seseorang untuk menemukan jodohnya.

Dikatakan seorang pakar supranatural asal Kota Medan, Saswita Vianty, ada kasus dimana seorang pria yang selalu gagal menjalin hubungan dengan wanita karena ada jin wanita yang diam-diam mencintainya.

Jin ini tak mengizinkan ada wanita dari golongan manusia menjadi pendamping si pria. Sehingga, dia memanipulasi pikiran si pria agar membenci wanita dan hasilnya si pria pun tak penah berhasil saat hubungan yang dibinanya memasuki jenjang yang lebih serius.

”Terkadang, ada jin yang mencintai manusia. Dia hidup menempel pada tubuh manusia yang dicintainya dan ikut masuk ke dalam pikiran bawah sadarnya. Makanya, kadang muncul rasa benci secara tiba-tiba kepada lawan jenis dan mengakibatkan jodoh sulit datang,” jelasnya.

Dikatakannya, hal itu terjadi diluar kesadaran manusia. Sebab, sifat jin itu sama seperti saat seseorang ketempelan jin/kesurupan pasif. Selain memengaruhi pikiran, keberadaan jin itu juga bisa meredupkan aura.

Sehingga, kata dia, seseorang menjadi kelihatan tak menarik dalam artian karena auranya yang gelap. Hal itulah yang terlihat oleh lawan jenis. Makanya, orang-orang yang dicintai jin ini cenderung tak menarik bagi lawan jenisnya.

Diluar mitos-mitos tadi, sulit jodoh juga bisa disebabkan karena hal-hal yang berkaitan dengan diri dan lingkungan sekitar seseorang. Hal-hal tersebut cenderung lebih rasional dan bisa dicarikan jalan keluarnya. Misalnya saja, seorang wanita sukses.

Hal itu menjadi masuk akal, ketika seorang wanita yang karirnya gemilang, gajinya tinggi dan hidupnya mapan, membuat para lelaki menjadi minder bahkan sekadar untuk mendekat, sehingga menjadikan mereka sulit mendapat jodoh.

Hal lain yaitu karena mungkin ada dosa di masa lalu yang membuat Allah akhirnya menahan jodohnya. Sebab, seperti yang kita sepakati sebelumnya, bahwa jodoh adalah urusanNya. Cobalah koreksi diri dan bertaubat memohon ampun.

Sejatinya, jodoh akan datang ketika kita sudah siap menerimanya. Tanpa mau tahu dengan siapa, kapan, dan bagaimana, sebaiknya persiapkan saja diri sebaik mungkin. Ketika waktunya tiba, Allah pun tak akan menundanya. Seperti kata pepatah, love will find the way.

(tulisan ini sudah terbit di Harian Orbit 18 Desember 2014) 

1 komentar:

  1. Sulit jodoh krn gangguan energi negatif, ingin mendapatkan pujaan hati, ingin sukses bercinta+trawangan dll.Tlp:081567662467

    BalasHapus