Rabu, 17 September 2014

Bisnis Kreatif Boneka Kain Flanel San&I Doll




Hanya perlu kreatifitas untuk menjadikannya karya yang menarik. Sedikit sentuhan kesabaran akan menambah nilai seni pada hasil akhirnya. Dan yang terpenting adalah dapat dijadikan sebagai lahan bisnis yang cukup menjanjikan.

Seperti yang sedang dirintis seorang gadis lulusan Teknik Arsitektur USU ini. Putri, begitu ia akrab disapa, sudah lebih dari tiga tahun belakangan memanfaatkan kain flanel sebagai bahan pembuat boneka.

"Mulainya sudah sejak tiga tahun lalu, tapi hanya boneka-boneka wisuda saja dan hanya dijual saat momen wisuda. Mulai online dan banyak kreasinya baru setahun belakangan," akunya.

Gadis yang kini berprofesi sebagai drafter ini awalnya membeli boneka flanel untuk dihadiahkan kepada adiknya sebagai kado wisuda. Namun, kata dia, boneka yang ia beli itu menurutnya kurang menarik. Kemudian ia membongkarnya dan mencoba membuat ulang.

"Ternyata hasilnya lebih bagus daripada boneka yang saya beli itu. Dari situlah ide untuk membuat dan menjual boneka ini lahir," tuturnya.

Dikatakan Putri, boneka-boneka flanel yang ia buat biasanya dijadikan sebagai souvenir, seperti kado ulangtahun, wisuda dan pernikahan. Tema bonekanya pun bisa disesuaikan dengan keinginan si pemesan.

"Sekarang kan lagi musim wisuda, jadi saya sedang fokuskan membuat boneka dengan tema wisuda. Bonekanya didekor mirip dengan orang yang diwisuda, lengkap dengan topi dan toganya. Boneka ini lagi laris-larisnya lho," terangnya.

Selain itu, kata dia, ada juga boneka flanel dengan tema wedding yang berpakaian daerah dan internasional. Biasanya itu dipesan orang sebagai kado pernikahan. Kemudian tema ulangtahun dan yang sedang tren saat ini adalah boneka berhijab.

"Kita selalu mencoba membuat boneka dengan tema yang disesuaikan dengan apa yang sedang tren. Berhubung sekarang lagi tren berhijab, jadi kita coba aplikasikan ke boneka yang berjilbab," ungkap gadis yang bermukim di Jalan Binjai KM 10 Kampung Lalang Medan ini.

Kemudian Putri juga membuat boneka karakter, seperti boneka chef dan dokter. Namun bila ada pemesan yang meminta dibuatkan boneka dengan karakter tokoh kartun, ia dengan senang hati akan mencoba membuatnya.

Diakui dia, peminat boneka flanel karnyanya ini cukup banyak, baik di dalam maupun di luar Kota Medan. Karena dipasarkan secara online, pasarannya bahkan sudah merambah ke Pulau Jawa.

Sementara untuk harga, dia mengatakan boneka-boneka flanel buatannya ini cukup terjangkau. Mulai dari Rp35 ribu hingga Rp200 ribu bergantung tingkat kerumitan tema yang dipesan dan ukurannya.

"Untuk boneka seperti boneka wisuda atau ulangtahun, kan ada ukurannya. Yang terkecil kita hargai Rp35 ribu, sedang Rp50 ribu dan besar Rp100 ribu. Sementara yang couple, biasanya boneka wedding, Rp200 ribu," paparnya.

Selain boneka, Putri juga membuat gantungan kunci dan magnet kulkas yang juga berbahan dasar kain flanel dan masing-masing item dihargai Rp10 ribu per buah.

Jika berminat dan ingin memesan, Putri bisa dikontak melalui facebook www.facebook.com/sannifelt, twitter @sanni_twit, blog www.sannidol.blogspot.com, LINE sannifelt dan BBM 7E9906C1 atau via telepon. ()

Tidak ada komentar:

Posting Komentar